Asal Usul dan Sejarah Bulan Muharram

Salah satu bulan yang mempunyai kelebihan dan kemuliaan adalah bulan Muharram.  Bulan Muharram sangat istimewa karena disebut syahrullah yaitu bulan Allah. Tentu saja dengan disandarkan pada lafazh jalalah Allah. Indicator (alasan) inilah dengan disandarkannya bulan ini pada lafazh jalalah Allah, menunjukkan keagungan dan keistimewaannya.
Hal ini sesuai dengan perkataan Syekh As Zamakhsyari, dari Faidhul Qadir (2/53), rahimahullah mengatakan, ”Bulan Muharram ini disebut syahrullah (bulan Allah), disandarkan pada lafazh jalalah ’Allah’ untuk menunjukkan mulia dan agungnya bulan tersebut, sebagaimana pula kita menyebut ’Baitullah’ (rumah Allah) atau ’Alullah’ (keluarga Allah) ketika menyebut Quraisy
Muharram dalam Al-Quran sendiri telah di jelaskan dan ini sesuai dengan salah satu dari empat bulan suci dalam Islam, ada Dzulqa’dah, Dzulhijah, Muharram dan Rajab. Sebagaimana dipaparkan  dalam firman Allah SWT,“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram” (QS. At Taubah : 36).Diterangkan dalam hadis yang diriwayatkan dari sahabat Abu Bakroh, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,“Satu tahun ada 12 bulan. Empat bulan diantaranya adalah bulan haram (suci), tiga diantaranya beurutan, yaitu , Dzulhijah dan Muharram. Kemudian Rajab Mudhar yang diapit bulan Jumada (al akhir) dan Sya’ban” (HR. Bukhari dan Muslim).
Dalamsejarah diungkapkan bahwa pada bulan ini juga terpilih menjadi bulan pertama dalam kalender hijriyah, setelah sahabat Umar bin Khathab pada tahun ke 16 Hijriyah selaku khalifah pada saat itu, bermusyawarah dengan para pemuka sahabat. Kemudian diputuskanlah bulan Muharom sebagai bulan pembuka untuk kalender hijriyah. Alasan memilih bulan ini sebagai bulan pertama dalam penanggalan hijriyah karena pada bulan inilah muncul tekad dan azam untuk berhijrah ke kota Madinah. (Ibnu Hajar Kitab Fathul Bari : V: 335)

Menelusuri lembaran sejarah, menybutjakn Ada dua pendapat yang menjelaskan alasan penamaan bulan ini : Pertama, dinamakan Muharram dari kata haram yang maknanya adalah larangan, sebagai penegasan terhadap keharaman berperang di bulan ini. Karena dahulu orang-orang Arab mengubah-ubah urutan bulan ini, mereka menghalalkan perang pada suatu tahun kemudian mengharamkan pada tahun berikutnya.
Kedua, dinamakan Muharram karena bulan ini termasuk salah satu dari empat asyhur al hurum (Bulan-bulan haram) yang disinggung dalam surat At Taubah ayat 36 di atas.  Imam Ibnu Katsir –rahimahullah– menyatakan,: “Syaikh Alamuddin As Sakhawi menyebutkan dalam salah satu jilid karya yang beliau kumpulkan, yang beliau beri judul al masyhur fi asma-i al ayyam wa asy-syuhur, bahwa dinamakan Muharram karena bulan ini termasuk bulan haram. Adapun menurutku, dinamai Muharom sebagai penekanan terhadap keharaman berperang di bulan tersebut. Karena kaum Arab dahulu mengubah-ubah urutan bulan ini, mereka menghalalkan perang di suatu tahun lalu mengharamkan di tahun berikutnya” (Tafsir Ibnu Katsir 4:146)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal Usul dan Sejarah Bulan Muharram"

Post a Comment