Shalat Sunat Safar : Doa dan Bacaanya

Shalat sunat safar tersebut di lakukan dua rakaat dengan niatnya: Ushalli sunnatas safri rakaataini lillahi ta'ala (Aku niat shalat sunat safar karena Allah Yang Maha Tinggi). Di saat  hendak meninggalkan rumah atau berangkat, kita mengambil air wudhu dan memakai pakaian yang mau dipakai, setelah melaksanakan shalat safar sebanyak dua rakaat.

Sedangkan surat yang di baca pada rakaat pertama shalat sunat safar setelah Al-Fatihah dengan membaca surat Al-Kaafirun dan pada rakaat kedua sesudah Al-Fatihah  dianjurkan membaca surah Al-Ikhlas. Saat Shalat sudah diakhiri dengan memberi salam, dianjurkan membaca ayat kursi dan surah Al-Quraishi sebanyak satu kali dengan meniatkan menjadi pemelihara diri kita sendiri bersama rombongan, dan orang yang ditinggalkan serta menyerahkan diri, keluarga dan harta benda kepada Allah SWT.

Hal tersebut sebagaimana di ungkapkan oleh Imam Nawawi dalam karyanya "Al-Azkar", berbunyi:" Seseorang yang membaca Ayat Kursi saat sebelum keluar dari rumahnya maka tidak akan tertimpa apapun yang tidak disenanginya hingga kembali ketempat semula. Sedangkan hikmah dari Surah Al-Quraisy ialah agar selamat dari segala kejahatan. (Kitab Al-Azkar, Imam Nawawi, h. 233).


Doa Safar (perjalanan) 

Sesudah shalat sunat safar itu dilanjutkan dengan membaca doa safar, bunyinya:

اَللَّهُمَّ اِنَّانَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَالبِرَّوَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَاتَرْضَى , اَللَّهُمَّ هُوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاَطُوْ عَنّا بُعْدَهُ.اَللّهُمَّ اَنْتَ الصَاحِبُ فِى السّفَرِوَالْخَلِفَةً فى الأَهْلِ.اللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وكَابَةِ الْمَنْظَرِوَسُوْءِالْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ والأَهْلِ

"Allahumma Inna Nas aluka Fi Safarina Hazal Birra Wat Taqwa Wa Minal 'Amali Ma Tadha. Allahumma Hawwin 'alaina Safarana Haza Wa Atu 'anna Bakdahu.
Allahumma Antash shaibu Fi As-Safari wal Khalifatu fil Ahli.
Allahumma Inni A'uzubika min Wa' tsai as-safri wa Kabatil Mandhari wa su'i al-Munqalabi Fil Maali wal ahli.


Doa Keluar Kediaman (Rumah)


Kemudian di tambahi ketika Keluar dari kediaman:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَحَوْلَ ولاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللَّهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

Bismi AllahiTawakkaltu 'ala Allahi La Haula Wala Quwwata Illa Billahi al-'aliyyi al-'adhimi
Artinya : “Dengan nama Allah, saya berserah diri kepada Allah, tidak ada kemampuan dan dan kekuatan melainkan Allah yang Maha 'Ala (tinggi) dan Maha Agung.”

Kitapun mengharapkan dengan shalat sunat safar akan memberikan keberkahan dan jauh dari segala malapetka serta maksiat dalam perjalanan menuju tempat tujuan masing-masing terlebih dapat menggapai mardhatillah dalam menatap perjalanan esok yang hakiki nantinya. Semoga..!!!


Subscribe to receive free email updates: