Bulan Rajab (XII): Shalawat dan Wirid Rajab

Bulan rajab merupakan bulan yang mempunyai banyak kelebihan dan kemuliaan. Di dalam kitaab Majalisul Anwar di sebutkan bahwa kata Rajab terdiri dari 3 huruf, Ra', Jim dan Ba', masing-masing berarti : Rahmatullah, Jirmil abdi dan Birullah Ta'aalaa, yang seolah-olah dikatakan : "Hai hamba-Ku, Kujadilan dosa-dosa dan kebaikanmu diliput dengan rahmat-Ku, maka tiada tetap dosa-dosamu berkat kemulian bulan Rajab". (Kitab Majalisul Anwar).

Sementara itu di dalam kitab MisykatulAnwar juga diuraikan bahwa setelah Rajab habis (hitungan bulannya), maka ia naik kelangit lalu Allah Swt. berfirman : "Hai bulan-Ku, apakah mereka mencintai dan memuliakanmu? Maka diamlah Rajab, hingga ditanya dua tiga kali, kemudian jawabnya : "Ya Tuhan, Engkaulah yang pandai merahasiakan segala cacad dan cela, dan Engkau pula yang menyuruh makhluk-Mu supaya merahasiakannya pada orang lain. Itulah sebabnya Rasul-Mu menyebutku "pekak", aku semata hanya mendengar kebaktian mereka, ketaatan, dan kebaikan mereka, lain tidak".

Selanjutnya Allah berfirman : "Engkau bulan-Ku yang pandai menyimpan cacad dan pekak, hamba-hambaKu yang ber'aib, Aku terima mereka berikut aib/cacadnya berkat kehormatanmu seperti halnya aku terima kamu berikut aib/cacadmu. Aku mengampuni mereka sebab menyesali dosa mereka satu kali dalam bulan Rajab, dan dalam bulan itu pula, Aku tiada mencatat kemaksiatan mereka". (kitab Misyakatul Anwar)

Membaca Shalawat Selama Bulan Rajab
Berikut adalah bacaan shalawat yang dapat kita baca atau amalkan setiap hari selama bulan rajab,
Allaahumma shalli 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihi washahbihi ajma'iina
Wirid dan Dzikir Selama Bulan Rajab
Berikut adalah beberapa bacaan wirid/dzikir yang dapat diamalkan selama bulan rajab. Dibaca 100 kali, minimal setelah sembahyang fardhu. Adapun untuk bacaannya berbeda-beda disetiap sepuluh hari.
Pertama, Tanggal 1 sampai 10 Rajab di baca Subhaanallaahu Hayyul Qayyuumu (Dibaca 100 kali). Kedua, Tanggal 11 sampai 20 Rajab dibaca, Subhaanallaahi Ahadish-Shamad (Dibaca 100 kali). Ketiga, Tanggal 21 sampai 30 Rajab dibaca Subhaanallaahu Rauufu (Dibaca 100 kali)

Amalan Setelah Sembahyang Selama Bulan Rajab
Bacaan atau amalan berikut, dibaca setelah selesai sembahyang magrib dan sembahyang subuh selama bulan rajab.
Pertama, Sembahyang Subuh. Setelah sembahyang subuh, silakan baca atau amalkan ini sebanyak 70 kali. Rabbighfirlii Warhamnii Watub 'Alayya.
Kedua, Sembahyang Magrib. Setelah sembahyang maghrib, silakan baca atau amalkan ini sebanyak 70 kali yaitu Rabbighfirlii Warhamnii Watub 'Alayya. Kemudian dilanjutkan dengan membaca Al-Qur'an Surat Al-Ikhlas sebanyak 12 kali


Subscribe to receive free email updates: