Israk Mikraj (VII) : Shalat Sunat 27 Rajab (Israk Mikraj)


Bulan sebagai bulan penuh berkah bahkan di akahir rajab tepatnya malam 27 Rajab atau di kenal dengan malam Israk Mikraj. Para ulama terdahulu dan juga sebagian umat Islam dalam memuliakan malam Israk Mikraj itu dengan melakukan berbagai macam ibadah diantaranya shalat sunat pada malam 27 Rajab (Malam Isra' Mikraj).


Dalam melaksanakan shalat ini, niatnya untuk menghindari khilaf para ulama, hendaknya di niatkan sebagai shalat sunat mutlak. Shalat tersebut dilakukan pada malam hari dengan jumlah rakaat 12 rakaat, setelah al-fatihah di bacakan surat  al-falaq dan An-nas sebanyak tujuh kali dan surat Al-Ikhlas sebanyak empat kali.

Dikala sesudah salam masih dalam posisi duduk dianjurkan untuk membaca "Laa Ilaaha Illallaahu Wallaahu Akbar Wal Hamdu Lillaah Wa Subhaanallaah, Wa Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illa Billaah", kemudian berdoa apa yang dihajatkan. Amaliah ini disebutkan oleh Syaikh Muhammad Bin Hasan at-Thuusy : " ...menjalankan shalat dimalam 27 Rajab dan yang lebih baik pada sepertiga malam, terakhir sebanyak 12 rakaat, setiap rakaatnya membaca al-Hamdu dan surat al-Falaq, an-Naas sebanyak 7 kali, al-Ikhlas 4 kali. Kemudian setelah selesai salam dalam posisi duduk membaca : Laa Ilaaha Illallaahu Wallaahu Akbar Wal Hamdu Lillaah Wa Subhaanallaah, Wa Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illa Billaah, kemudian berdoalah sesuai keinginan kamu”.(Kitab al-Mishbah al-Mutahaajjad, hal : 813-814

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Israk Mikraj (VII) : Shalat Sunat 27 Rajab (Israk Mikraj)"

Post a Comment