Apa Sih Lima Sunnah Menjelang Magrib, Yuk Di Baca..!!!

Allah SWT telah menciptakan langit dan bumi serta isi keduanya, berbagai fenomena telah menghiasi jagat raya ini. Salah satu diantara yang unik dan magis yakni waktu ketika menjelang magrib. Dulu saat penulis masih kanak-kanak sering diperingatkan tentang mitos dan magis waktu magrib tersebut.  Biasanya  menjelang magrib para makhlus halus baik jin, syetan dan sejenisnya mereka mulai berkeliaran mencari mangsanya. Rasulullah sebagai  sosok panutan ummat, sering mengerjakan berbagai sunnah menjelang magrib, diantaranya:

Google
1.    Menutup Pintu Rumah di Iringi Doa.
Islam sangat menginginkan anak sebagai generasi harus dijaga sebaik mungkin. Rasullullah sendiri mengerjakan sunnah ini. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadist:”Tutuplah pintu dan tuturkanlah nama Allah, sebab setan tidak bisa membuka pintu yang telah tertutup’.(HR.imam Bukhari: 3304 dan Imam Muslim no.2012). Melihat fenomena ini syariat telah mengapresiaisikan untuk tetap menjaga anak-anak sebagai generasi terlebih dikala magrib dengan menutup pintu dan mengiringi dengan doa dan zikir untuk mengusir para pengganngu.

2.     Memasukkan Anak Ke Rumah.
Dulu orang tua kita selalu memperingatkan agar para kanak-kanak menjelang magrib sudah harus berada dirumah dan ini dianggap mitos dan kufarat oleh sebagaian kelompok, mereka berasumsi dengan tiada sandaran hukum dan pijakan yang bersumber dari dalil,seperti rasulullah. Rupanya apa yang orang tua kita praktekkan itu sesuai dengan perkataan rasulullah saw berbunyi: ”jangan kalian biarkan anak-anak engkau dikala matahari terbenam hingga menghilangnya kekegelapan malam, karena syetan berpencar jikalau matahari   masih terbenam hingga hilanglah kegelapan malam.( (Kitab Sahih Muslim)

3.    Shalat Sunat Dua Rakaat Menjelang Magrib
Rasulullah memerintah kita untuk mengerjakan shalat sunat dua rakaat menjelang magrib. Pedoman ini sesuai dengan hadist yang menyebutkan bahwa belaiu menyerukan ”Shalatlah sebelum sembahyang magrib”, pada waktu ketiga, nabi menekankan bahwa shalat itu bukanlah hal wajib dengan ungkapan beliau: ”bagi yang mau”. Menandakan ini merupakan sebuah perkara sunat. Lebih jelas dalam sebuah hadist juga disebutkan “ Sungguh saya melihat para sahabat Rasulullah SAW para senior saling berlomba mengejar tiang-tiang (untuk diciptakan sebagai tempat shalat) disaat tiba waktu magrib” (HR. Imam Bukhari: 503)

4.    Dilarang Tidur Menjelang Magrib Dan Isya.
Shalat sebagai ibadah yang fardhu ain, hendaknya kita benar-benar dijaga waktunya terlebih diwaktu yang sempit seperti magrib dan sebelum insya. Rasulullah telah memperingatkan tentang problema ini dalam sebuah hadist:” Bahwasanya baginda nabi  Saw menyukai untuk menyudahkan waktu shalat isya, membenci tidur sebelumnya dan tidak suka (membenci) berbicara sesudah Isya”.(HR. Imam Bukhari: 599 dan Imam Muslim: 6 47)

5.    Mengendong Bayi Ketika Magrib
Sebuah fenomena yang disuguhi menjelang magrib kita sering melihat para bayi menjelang magrib menangis sendiri tidak sedikit yang tergelapar disaat tertidur. Kondisi ini disebabkan oleh gangguan dari makhluk halus dan mereka menjadikan para bayi untuk menjadi tameng dan tempat berlindung, terlebih mereka sangat menyukai bekas kotoran dan najis bayi seperti popok bayi sebagai induk persembunyiannya. Maka kita dianjurkan untuk membaca doa dan ayat suci berupa ayat Kursi, al-Falaq, annas dan membaca juga surat an-namluayat 98-100 dengan mendaburi maknanya, insya Allah dengan izin-Nya akan terbebas dari kerasukan dan gangguan makhluk tersebut.

Bila sahabat ingin menshare kembali artikel ini, jangan lupa disertakan link nya ya.. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates: