Kelebihan Hari ‘Asyura ( 10 Muharram ), Jangan Lupakan!


Dalam sebuah hadist di sebutkan tentang kelebihan hari ‘Asyura, bunyi  hadist tersebut adalah
 :         
أَنَّهُ صَلىَّ الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْهُ فَقاَلَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ اْلماَضِيَةَ 
Artinya :
“Bahwa Nabi Muhammad Saw ditanya tentang ‘Asyura’ , beliau menjawab ‘Asyura’ dapat melebur dosa-dosa yang telah lewat…. “

Dalam kitab Nihayatut Zain di sebutkan bahwa telah diceritakan bahwa nabi Nuh as ketika kapalnya bersandar pada tanggal 10 Muharram, beliau berkata pada semua orang yang bersamanya ” Kumpulkanlah apapun yang tersisa dari perbekalan kalian ” kemudian ada yang membawa segenggam kacang, beras, gandum, biji ‘adas dan lainnya,  kemudian Nabi Nuh as berkata ” masuklah semuanya, Kalian telah bergembira dengan keselamatan yang diperoleh ” maka dari itu para muslimin mengambil biji-bijian untuk dimasak dan pada hari itu adalah hari pertama memasak di bumi setelah terjadi banjir bandang yang menjadi adat bagi umat islam setiap datangnya bulan muharram tepatnya tanggal 10 muharram atau disebut ‘Asyura’ .atau hari 'Asyura ( kitab Nihayatut Zain juz 1 h.. 196 ) 
                                                                    foto: www. trentekno.com

Menurut Sebagian Ulama’ berdasarkan kitab rujukan yang muktabar di sebutkan ada 12 amalan yang dilaksanakan pada hari tanggal 10 muharram ( ‘Asyura ) diantaranya :
1.      Shalat Tasbih
2.      Puasa
3.      Bersedekah
4.      Memberikan kemudahan / kelonggaran pada keluarga
5.      Mandi ( seperti mandi besar )
6.      Berziarah kepada orang ‘alim yang shaleh
7.      Menjenguk orang sakit
8.      Mengusap kepala anak yatim
9.      Memakai celak 
10.  Memotong kuku 
11.  Membaca surat Al Ikhlas 1000 kali 
12.  Silaturrahim 

Sementara itu Syekh Imam Ibnu Hajar Al ‘Askilani dalam syarah al-Bukhari bahkan mengutarakan beberapa kalimat, barang siapa yang mengucapkannya pada hari tanggal 10 Muharram ( ‘Asyura ) maka hatinya tidak akan mati.
Adapun do’anya tersebut sebagai berikut : 

بسم الله الرحمن الرحيم

سُبْحاَنَ اللهِ مِلْءَ اْلمِيْزاَنِ وَمُنْتَهَى اْلعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضاَ وَزِنَةَ اْلعَرْشِ , وَاْلحَمْدُ ِللهِ مِلْءَ اْلمِيْزاَنِ وَمُنْتَهَى اْلعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضاَ وَزِنَةَ اْلعَرْشِ , وَالله ُأَكْبَرُ مِلْءَ اْلمِيْزاَنِ وَمُنْتَهَى اْلعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضاَ وَزِنَةَ اْلعَرْشِ , لاَمَلْجَأَ وَلاَ مَنْجاَ مِنَ اللهِ اِلاَّ اِلَيْهِ , سُبْحاَنَ اللهِ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوِتْرِ وَعَدَدَ كَلِماَتِ اللهِِ التاَّماَّتِ كُلِّهاَ , وَاْلحَمْدُ ِللهِ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوِتْرِ وَعَدَدَ كَلِماَتِ اللهِ التاَّماَّتِ كُلِّهاَ , وَالله ُأَكْبَرُ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوِتْرِ وَعَدَدَ كَلِماَتِ اللهِ التاَّماَّتِ كُلِّهاَ , أَسْأَلُكَ السَّلاَمَةَ بِرَحْمَتِكَ ياَ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ , وَلاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ باِللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ , وَصَلىَّ الله ُعَلىَ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ , وَاْلحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعاَلَمِيْنَ .
 41 x 

Sementara itu Sayyid ‘Ali Al Ajhuri juga telah mengutip bahwa barangsiapa yang membaca pada 10 Muharram ( ‘Asyura’ ) kalimat tersebut adalah:
 حَسْبِيَ الله وَنِعْمَ اْلوَكِيْلُ نِعْمَ اْلمَوْلىَ وَنِعْمَ النَّصِيْرُ
Maka Allah akan mencegah segala kejelekan yang terjadi pada orang tersebut pada tahun itu. ( kitab Nihayatut Zain juz 1 Hal. 196 ) 

Sementara itu sebagaian Ulama’ mengatakan bahwa hari ‘Asyura’ mempunyai banyak keistimewaan yang tidak terjadi pada hari-hari lainnya. Diantaranya Nabi Adam as dimasukkan surga oleh Allah pada tanggal 10 Muharram, taubatnya Nabi Adam as diterima oleh Allah swt juga pada tanggal yang sama yaitu ‘Asyura’ , kapal Nabi Nuh as bersandar juga tanggal 10 Muharram, Allah menenggelamkan fir’aun di laut juga tanggal 10 Muharram, Nabi yunus dikeluarkan dari ikan juga bertepatan pada tanggal 10 Muharram, dll. ( Kitab Nihayatut Zain juz 1, h. 196 ) 

Wallahu Muwaffiq Ila Aqwamith Thariq
Wallahu ‘Allam

Semoga Bermanfaat 


Referensi : Kitab Jam’ul Fawaid, kitab Nihayatun Zain dan lainnya

Subscribe to receive free email updates: